RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 1 Tenggarong
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ satu
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (6 Jam pelajaran)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasilhir. c.Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan,serta peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola besar.
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan berbagai permainan bola besar dengan koordinasi yang baik.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran
1.1.2. Menunjukan sikap berusaha secara maksimal dalam melakukan pembelajaran dengan tetap meningkatkan kemampuan dan menunjukan sikap tawakal terhadap hasil akhir
2.1.1 Menunjukkan perilaku kesatria (mengakui kekalahan dan kemenangan dengan bijak)
2.6.1 Mengikuti peraturan dalam permainan
2.6.2 Datang dan pulang tepat waktu
3.1.1 Menjelaskan konsep variasi pada permainan bola voli
3.1.2 Menjelaskan konsep kombinasi pada permainan bola voli
3.1.3 Menjelaskan prosedur servis atas
3.1.4 Menjelaskan prosedur gerak mengumpan menggunakan operan bawah (passing bawah)
3.1.5 Menjelaskan prosedur gerak mengumpan menggunakan operan atas (passing atas)
Menjelaskan konsep keterampilan dasar permainan bola voli
4.1.1 Melakukan servis atas
4.1.2 Melakukan variasi operan (passing) bawah secara berpasangan
4.1.3 Melakukan variasi operan (passing) atas secara berpasangan
Melakukan kombinasi operan (passing) bawah dan atas secara berpasangan
4.1.4 Melakukan variasi mengumpan bola menggunakan operan (passing) bawah dalam permainan sederhana
4.1.5 Melakukan variasi dan kombinasi mengumpan bola menggunakan operan (passing) atas dalam permainan sederhana
Melakukan kombinasi servis, mengumpan bola menggunakan operan (passing) bawah dan atas dalam permainan sederhana
D. Deskripsi Materi Pembelajaran
Tema : Permainan Bola Besar
Sub Tema : Permainan Bola voli
1. Materi Reguler
a. Konsep variasi gerak permainan bola voli ( passing atas, passing bawah):
§ Konsep variasi passing.
§ Variasi operan (passing) bawah berpasangan
§ Variasi operan (passing) atas berpasangan
b. Konsep Kombinasi:
§ Kombinasi operan (passing) bawah dan atas berpasangan
c. Servis atas
§ Servis di tempat
§ Servis dengan awalan
d. Permainan bola voli sederhana
§ Mengumpan menggunakan operan (passing) atas dalam permainan sederhana
§ Mengumpan menggunakan operan (passing) bawah dalam permainan sederhana
§ Mengumpan menggunakan kombinasi operan (passing) atas dan bawah dalam permainan sederhana
§ Pertandingan bola voli dengan peraturan yang disederhanakan
2. Materi Pembelajaran Remedial
a. Konsep variasi gerak permainan bola voli (servis, passing atas, passing bawah):
§ Konsep variasi
§ Variasi operan (passing) bawah berpasangan
§ Variasi operan (passing) atas berpasangan
b. Konsep Kombinasi:
§ Kombinasi operan (passing) bawah dan atas berpasangan
c. Permainan bola voli sederhana
§ Mengumpan menggunakan operan (passing) atas dalam permainan sederhana
§ Mengumpan menggunakan operan (passing) bawah dalam permainan sederhana
§ Mengumpan menggunakan kombinasi operan (passing) atas dan bawah dalam permainan sederhana
§ Pertandingan bola voli dengan peraturan yang disederhanakan
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan. Misalnya bola dimodifikasi, lapangan yang diperkecil ukurannya.
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Strategi permainan bola voli mini
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dan peraturan serta strategi permainan bola voli mini.
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan kedua
Pendahuluan (15 menit )
a. Guru membariskan pesertadidik menjadi empat bersyaf atau membentuk setengah lingkaran, ucapkan salam atau selamat pagi kepada peserta didik.
b. Guru memimpin doa dan bersalaman.
c. Guru harus memastikan bahwa semua peserta didik dalam keadaan sehat,
Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai konsep bermain bola voli
d. Guru membariskan pesertadidik menjadi empat bersyaf atau membentuk setengah lingkaran, ucapkan salam atau selamat pagi kepada peserta didik.
e. Guru memimpin doa dan bersalaman.
f. Guru harus memastikan bahwa semua peserta didik dalam keadaan sehat,
g. Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai konsep bermain bola voli secara umum, dengan memancing peserta didik meceritakan pengalamannya bermain bola voli.
h. Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari yaitu: permainan bola besar dengan bermain bola voli; passing atas, passing bawah, dan servis atas.
i. Guru menjelaskan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik setelah proses pembelajaran (seperti yang tercantum dalam indikator ketercapaian kompetensi) disertai dengan penjelasan manfaat dari kegiatan bermain bola voli: misalnya bahwa bermain bola voli adalah salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani.
j. Guru menjelaskan tehnik penilaian untuk kompetensi bola voli, baik kompetensi sikap spiritual dengan penilaian diri dan penilaian antar teman: yaitu perilaku keseriusan dalam berdoa, kompetensi sikap sosial: perilaku sportif, disiplin, dan kerjasama, kompetensi pengetahuan: pemahaman mengenai konsep passing atas, passing bawah, servis atas, prosedur melakukan passing, servis atas menggunakan observasi, tes tertulis, dan kompetensi terkait keterampilan; passing atas, passing bawah, servis atas, dan bermain bola voli dengan peraturan yang disederhanakan dan pertandingkan. Dijelaskan juga pada pertemuan ke dua akan dipertandingkan antar kelompok serta pada akhir pertemuan akan diumumkan juaranya serta pembagian hadiah.
k. Agar peserta didik terkondisikan dalam materi yang akan diajarkan dengan perasaan senang, maka peserta didik dibagi dalam kelompok kecil (4-5 orang) melakukan game dengan peraturan: bola dioper ke teman kelompoknya dengan cara mendorong bola ke arah atas bentuk lintasan parabola 3x sentuhan dilanjutkan dengan bola dioper menggunakan ayunan bawah dengan 3x sentuhan. Kelompok yang dapat mempertahankan bola tidak jatuh dalam waktu yang ditentukan oleh guru, adalah kelompok yang menang.
|
Kegiatan inti (90 menit)
Aktivitas Pembelajaran Passing Atas dan bawah
a. Mengamati
Peserta didik melakukan aktivitas pertama dengan mengamati gambar operan (passing) bawah, operan (passing) atas, dan servis atas yang disediakan oleh guru, kemudian mencatat hal-hal yang belum diketahui terkait dengan posisi kedua tangan, lengan, kaki, lutut, tumit, pandangan mata, arah datangnya bola.
a. Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait hal-hal yang belum/ingin diketahui tentang gambar yang diamati, seperti; konsep dan prosedur passing atas, konsep dan prosedur passing bawah, konsep dan prosedur servis atas.
Berdasarkan amatan guru pada game 1, dipilih sejumlah peserta didik yang dianggap cukup mampu untuk menjadi tutor bagi temannya dalam aktivitas berikutnya. Mereka akan mendapat anggota kelompok dari peserta didik yang tersisa dengan cara berhitung sampai angka sejumlah peserta didik yang terpilih (misalnya 8 orang). Maka jika terdapat 32 peserta didik, setiap kelompok akan memiliki anggota 4 orang.
b. Mengumpulkan informasi/Mencoba
Pesertadidik mencari data mengenai cara passing atas, passing bawah, dan servis atas yang benar dengan mencoba-coba dan/atau mengamati kembali cara melakukan passing atas, passing bawah, dan servis atas.
a. Aktivitas Pengajaran 1
Nama permainan: Passing Bawah dengan Lima Sentuhan
Materi pengajaran: Passing bawah

b. Aktivitas Pengajaran 2
Nama permainan: Passing Bawah dan Atas Lewati Angka
Materi pengajaran: 1. Passing bawah
2. Passing atas

c. Aktivitas Pengajaran 3
Nama permainan: Passing Bawah dan Atas Untuk Mengumpulkan
Angka
Materi pengajaran: 1. Passing bawah
2. Passing atas

d. Aktivitas Pengajaran 4
Nama permainan: Passing Bawah dan Atas dan Tema Kesehatan

a. Mengasosiasi/menalar
Dengan data yang dimiliki mengenai passing atas tadi pesertadidik membuat kesimpulan mengenai cara passing atas yang benar.
Peserta didik dalam kelompoknya dibagi dua (berpasangan), sepasang melakukan passing atas dan pasangan lainnya mengamati passangan tersebut (satu-satu). Dengan dipandu lembar pengamatan sebagai berikut:
Lembar Pengamatan Passing Atas/Passing Bawah
Fokus yang diamati
|
Kesalahan yang sering terjadi
|
Gerakan yang benar
|
Gerakan tangan dan lengan
| ||
Gerakan kedua tungkai
| ||
Hasil pantulan
| ||
Ketepatan sasaran
| ||
Kesimpulan
|
a. Mengomunikasikan
Pesertadidik mengomunikasikan pengetahuan dan keterampilannya tentang cara melakukan passing atas yang benar, dapat dilakukan memperagakan atau mempresentasikan.
Setiap pasangan menyampaikan hasil amatannya kepada peserta didik yang diamati dilanjutkan dengan mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.
Penutup (15 menit)
1) Peserta didik diminta duduk melingkar kelompok putera dan puteri terpisah. Kedua tungkai diluruskan, peserta didik memijat punggung teman yang ada di depannya, setelah cukup (1 menit) berbalik arah sehingga peserta didik yang tadi memijat menjadi yang dipijat.
2) Kesimpulan
§ Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh materi
3) Refleksi dari guru dan peserta didik
§ Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
4) Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
5) Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
§ Guru memberikan tugas yang terkait dengan pembelajaran hari ini dan pembelajaran yang akan datang yaitu pertandingan bola voli antar kelompok dengan peraturan yang dimodifikasi, oleh karena itu tiap kelompok ditugaskan untuk berlatih.
6) Berdoa
§ Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7) Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
§ Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Penialain Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial:
a. Teknik Penilaian
b. Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
Instrumen & Contoh Penilaian :
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
a. Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
|
Observasi
Penilaian diri
|
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan khusuk.
|
a. Selalu berusaha secara maksimal
|
Observasi
Penilaian diri
|
Saya berusaha secara maksimal dalam mencoba berbagai gerakan dengan semangat.
|
Menunjukkan sikap jujur dalam permainan
|
Observasi
Penilaian antar teman
|
Teman saya bersikap jujur dalam bermain
|
Mengakui kekalahan dan menerima kemenangan dengan bijak
|
Observasi
Penilaian antar teman
|
Teman saya menerima kemenangan dan kekalahan dengan bijak
|
Mengikuti peraturan, petunjuk, dan arahan yang telah diberikan
|
Observasi
Penilaian antar teman
|
Teman saya tidak melanggar peraturan dalam permainan
|
Datang dan pulang tepat waktu
|
Observasi
Penilaian antar teman
|
Teman saya datang dan pulang sekolah tepat waktu
|
1. Kompetensi Pengetahuan
1.Teknik Penilaian :
Penugasan :
2.Instrumen Penilaian
Daftar Tugas
2. Indikator dan Contoh Instrumen
Indikator
|
Tehnik penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Menjelaskan konsep variasi (passing atas, passing bawah) dalam permainan bola voli
|
Penugasan
|
Tuliskan bagaimana prosedur melakukan passing atas yang benar?
|
Konsep kombinasi dalam permainan bola voli
|
Penugasan
|
Tuliskan kapan gerak dasar passing atas dan passing bawah digunakan?
|
Prosedur servis atas
|
Penugasan
|
Tuliskan apa fungsi servis dalam permainan bola voli
|
2. Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Teknik Penilaian:
Tes Praktik
b. Instrumen dan Contoh Penilaian :
Lembar Observasi Keterampilan Passing Atas, Passing Bawah, Servis Atas, variasi tehnik dasar dalam permainan sederhana (Lampiran 4A)
Indikator dan Contoh Penilaian
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Mempraktikkan passing atas dan passing bawah secara berpasangan
|
Tes Praktik
|
Lakukan variasi passing atas dan passing bawah secara berpasangan
|
Mempraktikkan servis atas, passing atas dan passing bawah dalam permainan
|
Tes Praktik
|
Lakukan, servis atas, variasi passing atas dan passing bawah dalam permainan sederhana
|
3. Penilaian Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Instrumen penilaian pembelajaran remedial pada dasarnya sama dengan instrumen penilaian pembelajaran regular.
Instrumen penilaian pembelajaran pengayaan, untuk materi pengetahuan dan keterampilan:
Instrumen Kompetensi pengetahuan:
· Daftar Tugas
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Memahami Strategi permainan bola voli mini
|
Penugasan
|
· Carilah bentuk-bentuk posisi bertahan dalam permainan bola voli!
· Carilah bentuk-bentuk posisi menyerang dalam permain bola voli!
|
Instrumen Kompetensi keterampilan:
· lembar observasi (lampiran 5B)
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Mempraktikkan Strategi permainan bola voli mini
|
Tes praktik
|
Bermainlah dengan peraturan bola voli mini:
Variasikan Passing atas dan bawah, servis atas, passing bawah, passing atas dengan peraturan permainan bola voli mini!
|
G. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media
· Gambar
· Lapangan bola voli
· Tali karet (pengganti net)
· Net
· Con
2. Alat dan bahan
· Bola voli ukuran standar siswa SMP : 8 buah
· Bola voli karet yang lentur : 32 buah (sejumlah siswa)
· Peluit
· Cone
3. Sumber Belajar
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VIII. Cetakan Ke-1.(Edisi Revisi).Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (hal. 193-211).
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VIII. Cetakan Ke-1.(Edisi Revisi) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (hal. 98-110).
Menyetujui: Tenggarong.4 januari 2016
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Mustangirun. S.Pd Johansyah , S.Pd
NIP. NIP. 196711021989021002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar